Saturday, April 20, 2019
Home > Kesehatan > 3 Buah Dengan Kandungan Vitamin A Tertinggi, Buah Kesukaanmu Kah ?

3 Buah Dengan Kandungan Vitamin A Tertinggi, Buah Kesukaanmu Kah ?

Kebanyakan masyarakat hanya mengenal manfaat vitamin A untuk kesehatan mata.Namun ternyata masih banyak fungsi lain dari vitamin A tersebut  antara lain untuk Menjaga kulit tetap sehat, menjaga kekebalan sekaligus pertumbuhan tubuh.

Vitamin A terdiri dari dua jenis, yaitu retinoid yang berasal dari sumber hewani dan beta karoten yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Dari sumber hewani, vitamin A dapat ditemukan pada hati, ikan, susu, keju, telur. Sedangkan dari tumbuhan meliputi buah-buahan dan sayuran seperti bayam, ubi, manga, papaya dan banyak lainnya. Dari sekian banyak sumber bahan pangan yang mengandung vitamin A. Tahukah kamu mana yang memiliki kandungan vitamin A terbanyak ? Berikut 3 buah yang memiliki kandungan vitamin A paling tinggi :

1.      Melon (3382IU per 100 gr, 563.67% Akg)

Memiliki karakteristik buah berkulit hijau dan daging buah berwarna hijau muda dan kuning  serta rasanya yang manis dan berair. Nutrisi di dalam buah melon pun sangat banyak. Yang paling banyak adalah kandungan vitamin A yaitu 3382 IU di dalam 100 gram buah melon atau setara dengan 112 persen dari jumlah keseluruhan kebutuhan vitamin A tubuh kita.

2.      Buah Aprikot (1926 IU/100 gr, 312% Akg)

Memiliki karakteristik menyerupai buah apel, Buah aprikot termasuk buah yang warna kulit oranye kemerahan ini ternyata mengandung vitamin A yang sangat tinggi yaitu 1926 IU yang dapat memenuhi 64 persen kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Buah aprikot yang masih segar memiliki tingkat kandungan kalori yang rendah tentu juga bermanfaat untuk yang sedang menjalani program penurunan berat badan

3.      Buah Markisa (1274 IU/100 gr, 212.33 % Akg)

Dan buah yang masuk jajaran 3 buah dengan kandungan vitamin A terbanyak adalah Buah Markisa. Buah berbentuk bulat ini memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Kandungan vitamin A di dalam 100 gram buah markisa saja mencapai 1274 IU. Buah markisa juga dapat menjadi sumber serat dan mineral yang sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *