Tuesday, October 23, 2018
Home > Lain Lain > 4 Alasan Kenapa Belanja dengan Cicilan Lebih Menguntungkan

4 Alasan Kenapa Belanja dengan Cicilan Lebih Menguntungkan

Masih banyak orang yang menolak untuk berbelanja dengan fasilitas cicilan, baik itu dengan kartu kredit konvensional yang diterbitkan bank, atau kredit online yang diberikan oleh perusahaan multi finansial. Alasan yang paling utama biasanya karena takut kebablasan atau tak mau membayar lebih mahal. Padahal jika digunakan dengan bijak, fasilitas cicilan bisa meringankan kamu untuk kredit barang.

Misalnya seorang desainer grafis bernama Adi baru saja kehilangan laptopnya. Pekerjaan Adi mengharuskannya untuk membeli sebuah laptop baru demi menunjang aktivitasnya di kantor, sedangkan tabungan Adi harus digunakan untuk membayar kuliahnya.  Dalam kondisi seperti ini, kredit laptop bisa jadi salah satu solusi terbaik.

Meski kredit artinya menambah beban utang sekaligus beban hidup, jika dilakukan dengan perhitungan yang tepat tentu tidak akan jadi masalah. Salah satu cara meringankan beban tersebut adalah dengan mencari fasilitas kredit laptop yang memberikan bunga yang rendah per bulannya dan pilihan tenor yang beragam. Nah, lebih lengkapnya, berikut 5 keuntungan yang bisa didapatkan dari menggunakan fasilitas cicilan untuk kredit laptop, maupun kredit barang lainnya:

Meringankan beban pembayaran

Kalau kamu mau membeli barang dengan harga tinggi seperti laptop secara tunai, hitung kembali berapa tabungan yang saat ini kamu punya dan kurangi dengan harga barang incaranmu. Misalnya, tabunganmu saat ini berjumlah Rp 10 juta, lalu kamu menginginkan laptop Acer keluaran terbaru, Acer Swift 3, dengan kisaran harga Rp 8,5 jutaan. Jika dikurangi, sisa tabunganmu adalah Rp 1,5 juta. Apakah tabungan tersebut cukup untuk digunakan saat ada keperluan mendesak? Kalau tidak, kredit laptop bisa menjadi pilihan bijak.

Misalnya kamu mau membeli laptop dengan harga Rp 8,5 juta, lalu kamu mengambil cicilan dengan tenor 12 bulan, maka setiap bulannya kamu harus membayar Rp 700 ribu, belum termasuk bunga. Terlihat lebih ringan kan dibandingkan kamu harus membayar Rp 8,5 juta rupiah dalam satu waktu? Supaya cicilan makin ringan, pilih perusahaan pemberi fasilitas kredit laptop yang bunganya rendah seperti Kredivo. Kamu bisa memilih cicilan dengan tenor 3, 6, dan 12 bulan dengan bunga paling rendah dibandingkan perusahaan multi finansial lainnya yaitu sebesar 2,95% per bulannya.

Menjaga kelancaran cash flow

Bukan hanya meringankan pembayaranmu, kamu juga bisa lebih leluasa dalam mengatur arus keuangan sesuai dengan pos-pos pengeluaran yang semestinya. Plus memasukkan jumlah cicilan kredit barang yang dibeli dan bunga tetap yang harus dibayar per bulannya ke dalam pos pengeluaran. Dengan begitu, kondisi keuangan akan lebih sehat dan terkontrol. Jangan sampai ketika beli barang secara tunai, lalu kebutuhan lain terbengkalai dan membuat kehidupan sehari-harimu jadi terhambat.

Menguntungkan jika digunakan untuk hal produktif

Masih dari kasus Adi, ia melakukan kredit laptop untuk menunjang pekerjaannya. Artinya, cicilan yang diajukannya digunakan sebagai hal produktif.  Kalau kamu mengalami situasi seperti Adi, maka bertambah lagi satu alasan kenapa memanfaatkan fasilitas cicilan bisa lebih menguntungkan. Kamu bisa lebih untung lagi jika menggunakan fasilitas kredit yang prosesnya mudah dan serba online seperti Kredivo.

Tidak perlu buang-buang waktu fotokopi aneka dokumen atau datang ke kantor lembaga multifinansial. Semua prosesnya online, mulai dari daftar, ajukan kredit, menunggu approval, hingga beli barang impian. Kredivo juga telah bekerja sama dengan lebih dari 200 merchant online ternama di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, JD.id, dan Shopee. Kamu bisa download aplikasi Kredivo di Gooogle Play Store atau App Store. Pastinya, banyak promo dan diskon yang menarik juga!

Membantu membentuk skor kredit positif

Skor kredit sangat berguna jika kamu berencana untuk meminjam dana tunai di masa depan. Sebab, salah satu instrumen penting yang akan menjadi penilaian kreditur dalam meninjau permohonan pinjaman kamu adalah skor kredit. Saat kamu mengajukan kredit, pihak bank atau perusahaan multi finansial akan menentukan kelayakan kamu dalam mendapat pinjaman.

Dalam skor kredit, terdapat poin-poin penting mulai dari semua histori transaksi kredit, jumlah kredit yang dimiliki, hingga kelancaranmu dalam membayar angsuran kredit. Oleh karena itu, jika kamy berniat membangun skor kredit yang positif, mulailah dari sekarang. Salah satu caranya dengan membayar kredit laptop atau kredit barang lainnya dengan tepat waktu. Seiring berjalannya waktu, skor kreditmu tentu akan meningkat dan menjadi positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *