Tuesday, October 23, 2018
Home > Kesehatan > 5 Perlengkapan Menyusui Ini Wajib Dimiliki Ibu Pekerja

5 Perlengkapan Menyusui Ini Wajib Dimiliki Ibu Pekerja

Image result for 5 Perlengkapan Menyusui Ini Wajib Dimiliki Ibu Pekerja

Memberikan ASI eksklusif untuk bayi merupakan tantangan tersendiri bagi ibu pekerja. Salah satu solusinya agar Anda tetap bisa menyusui secara eksklusif saat bekerja adalah dengan memompa dan menyimpan ASI untuk dikonsumsi si kecil selama Anda tidak ada di rumah. Nah berikut ini beberapa perlengkapan menyusui yang harus Anda miliki.

  1. Pompa ASI

Bagi ibu pekerja, tentu pompa ASI merupakan hal penting yang harus dimiliki. Memilih pompa ASI yang tepat tak hanya membantu Anda mengumpulkan stok ASI perah namun juga bisa membuat Anda semangat memompa ASI saat di kantor. Pastikan pompa ASI tidak berisik, mudah dipakai dan nyaman saat pemakaian.

Ada dua jenis pompa ASI yang saat ini beredar di pasaran yaitu manual dan dengan mesin. Jika Anda memilih pompa ASI manual pastikan pompanya mudah dibersihkan, bagian-bagiannya mudah dilepas dan tidak terlalu banyak memiliki bagian kecil. Sedangkan untuk pompa elektrik perhatikan kinerja mesin dari pompa ASI itu sendiri.

  1. Cooler Bag

Hal penting lainnya yang harus Anda persiapkan adalah cooler bag. Tas pendingin ini berfungsi menyimpan ASI perah selama jam kantor atau saat dalam perjalanan. Jika kantor Anda menyediakan kulkas, botol atau kemasan ASI perah bisa diletakkan di kulkas dan diambil kembali setelah jam kantor usai.

Pastikan Anda memilih ukuran cooler bag yang sesuai. Jangan terlalu besar sehingga menyulitkan saat membawanya. Jangan juga terlalu kecil, setidaknya cooler bag dapat memuat pompa ASI, ice gel dan stok botol untuk penyimpanan ASI sesuai dengan kebutuhan setiap harinya.

  1. Ice Gel

Ice gel berfungsi sebagai pendingin dalam cooler bag. Ice gel akan membantu menjaga kualitas ASI perah. Beberapa cooler menyediakan ice gel satu paket dengan produknya, namun ada juga yang mengaharuskan Anda membelinya terpisah.

Ada jenis ice gel yang bisa Anda gunakan. Pertama ice gel berbentuk lengkung yang lebih mirip ice packs dan dapat berfungsi menyangga botol ASI selama dalam cooler bag. Kedua, ice gel yang berbentuk kantung berupa jeli insulasi penahan dingin. Ice gel berbentuk lengkung kurang fleksibel karena memakan banyak tempat pada cooler bag.

  1. Wadah Penyimpanan ASI

Hal yang tak kalah penting untuk Anda persiapkan adalah memilih wadah penyimpanan ASI perah. Wadah yang biasa digunakan umumnya seperti botol dan kantung plastik. Botol yang digunakan bisa berupa botol kaca dan botol plastik. Botol kaca umumnya lebih mudah dibersihkan namun agak kurang fleksibel karena berat.

Sedangkan botol plastik harganya cenderung lebih mahal namun lebih mudah dibawa-bawa apalagi saat berpergian. Anda juga bisa memilih kantung plastik khusus ASI sebagai wadah penyimpanan. Kantung ini lebih mudah dibawa dan ditempatkan baik di dalam kulkas rumah atau saat bepergian.

  1. Apron Menyusui

Apron khusus menyusui ini akan sangat membantu jika Anda ingin menyusui anak di tempat umum atau sedang melakukan pompa ASI. Jika tersedia ruang khusus laktasi di kantor, Anda mungkin tidak terlalu memerlukan apron ini. Terbatasnya ruang menyusui pada fasilitas publik bisa Anda siasati dengan menggunakan apron ini agar lebih nyaman.

Ada dua jenis apron menyusui yang bisa Anda pilih. Ada model poncho yang menutup seluruh bagian badan depan hingga punggung ataupun apron yang dikalungkan ke leher dan hanya menutupi bagian dada saja. Anda bisa memilih jenis model apron menyusui ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

Itulah beberapa peralatan penting menyusui bagi ibu pekerja seperti Anda. Semua keperluan menyusui bisa Anda dapatkan melalui orami.co.id. Anda bisa menggunakan promo 11 11 dengan diskon 50% ke atas untuk semua produk kebutuhan Anda dan si kecil.

Promo 11 11 ini akan berlangsung pada 11 November 2018 berupa voucher yang bisa Anda gunakan saat membeli perlengkapan si kecil dan juga kebutuhan menyusui Anda. Promo ini berlaku untuk semua cara pembayaran baik transfer, dengan kartu kredit atau cash on delivery.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *