Wednesday, August 15, 2018
Home > Kesehatan > 5 Tanda Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

5 Tanda Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Sistem Kekebalan Tubuh atau sistem imun tubuh adalah benteng pertahanan tubuh yang memiliki tugas untuk menangkal berbagai penyakit. Apalagi saat musim hujan seperti ini, tubuh lebih rentan terhadap ancaman penyakit. Sehingga setiap orang wajib memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat agar tidak terserang berbagai penyakit saat musim hujan.

Sulit untuk menentukan apakah sistem kekebalan tubuh seseorang kuat atau lemah, karena setiap orang memiliki tingkat sistem kekebalan tubuh yang berbeda-beda. Sistem kekebalan tubuh biasanya menurun dikarenakan beberapa hal, seperti gaya hidup yang tidak sehat, perubahan cuaca, dan pola makan yang tidak teratur. Disaat sistem kekebalan tubuh sedang menurun, maka disarankan untuk melakukan antisipasi agar kuman dan penyakit tidak berkembang dalam tubuh. Untuk itu, penting sekali mengenali tanda-tanda sistem kekebalan tubuh sedang menurun. Berikut adalah beberapa tanda sistem kekebalan tubuh seseorang sedang menurun, antara lain:

  1. Mudah Sakit

Tanda yang paling mudah dikenali saat sistem kekebalan tubuh menurun adalah mudah sakit. Biasanya orang dewasa mengalami flu sekitar 2 – 3 dalam setahun. Tetapi jika kita mengalaminya lebih dari itu, berarti sistem kekebalan tubuh kita sedang menurun. Atau jika orang yang berada disekitar kita sedang terkena flu dan kita langsung tertular, itu juga tanda bahwa sistem kekebalan tubuh kita sedang menurun.

  1. Stres Berkepanjangan

Saat kita sedang memiliki banyak pekerjaan di kantor, biasanya kita mudan terserang flu. Ini bukanlah hal yang terjadi secara kebetulan. Menurut laporan, American Psychological Association, bahwa stres jangka panjang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh kita.

  1. Rongga Hidung Kering

Rongga hidung yang tersumbat lendir saat pilek memang tidak baik, tetapi rongga hidung yang kering juga tidak baik. Hal ini karena lendir yang ada dalam rongga hidung membantu menyaring dan membersihkan virus yang masuk. Jika dalam rongga hidung tidak ada lendir, maka kuman dan virus akan dengan bebas nasuk dan menyerang sistem pertahanan tubuh.

  1. Ingin Makan Banyak Gula

Gula sangat berpengaruh untuk sistem kekebalan tubuh kita, hal ini karena gula dapat melemahkan respon sel darah putih dalam membunuh kuman. Jika kita mengonsumsi lebih dari 100 gram gula dalam sehari, maka akan membahayakn sistem kekebalan tubuh kita.

  1. Berat Badan Naik

Ada sebuah penelitian yang melibatkan pasien yang menderita flu babi, pasien tersebut memiliki ciri-ciri yang sama, yaitu indeks massa tubuhnya lebih dari 40. Kelebihan berat badan seseorang akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon, peradangan, dan akan mengganggu kemampuan tubuh dalam melawan infeksi.

Inilah beberapa tanda jika sistem kekebalan tubuh kita menurun. Jika kita mengalami setidaknya satu dari beberapa gejala tersebut, maka kita harus segera meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Caranya adalah dengan makan secara teratur, asupan gizi seimbang, tidur cukup, dan juga rajin berolahraga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *