Saturday, July 21, 2018
Home > Kesehatan > Beberapa Jenis Tanaman yang Dapat Digunakan untuk Bahan Obat Tradisional

Beberapa Jenis Tanaman yang Dapat Digunakan untuk Bahan Obat Tradisional

Di era modern saat ini memang sudah tidak terlalu banyak orang yang menyembuhkan penyakitnya dengan Obat Tradisional. Sebagian orang lebih memilih untuk menggunakan obat modern yang mengandung bahan kimia. Padahal apabila dikonsumsi dalam jangka panjang bahan kimia menimbulkan efek samping.

Nah, untuk meminimalisir efek samping akibat obat kimia tersebut, maka kita dapat memilih Obat Tradisional sebagai alternatif untuk menyembuhkan penyakit. Selain cara pengolahannya tidak sulit, bahan-bahannya pun juga cukup mudah untuk didapatkan yaitu dari tumbuh-tumbuhan disekitar tempat tinggal. Nah, lalu apasajakah yang dapat dijadikan bahan ramuan tradisional ini?

  1. Daun Seledri

Daun seledri ini mengandung kalsium, vitamin A, B1, B2, B6, dan C. Selain daun ini sering dijadikan bumbu masakan, ternyata daun seledri ini juga dapat berkhasiat sebagai obat. Adapun khasitnya yang terkandung di dalam daun ini yaitu hipertensi, mengobati sakit rematik, mencegah asma, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sembelit, mata kering, anemia, batuk, menenangkan syaraf, dan mengatasi obesitas.

  1. Kumis Kucing

Kumis kucing adalah tanaman berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Tanaman ini sudah tidak asing lagi dalam dunia obat tradisional, yang tentunya berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Adapun khasiat yang terkandung dalam kumis kucing yaitu untuk mengobati penyakit kencing batu dan melancarkan saluran kemih, untuk mengobati penyakit asam urat, diabetes, batuk, masuk angin, rematik, dan hipertensi.

  1. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza)

Temulawak merupakan tumbuhan yang bentuknya hampir sama dengan kunyit memiliki manfaat yang berbeda. Tanaman ini memiliki beberapa khasiat diantaranya yaitu untuk mengurangi radang sendi & lemak darah, melancarkan, memelihara fungsi hati, memperlancar pencernaan, hingga obat anti kanker.

  1. Lidah Buaya

Selain fungsi utamanya yang sudah sering kita dengar yaitu untuk kesuburan rambut, lidah buaya ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan Obat Tradisional yang berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang diantaranya yaitu serangan jantung, sakit diabetes, radang tenggorokan, sembelit, dll. Sekian dulu untuk ulasan kali ini, semoga bermanfaat. Atau bisa kunjungi situs https://www.goapotik.com/jual-obat-tradisional.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *