Home > Pengetahuan > Beberapa Tahapan Perkembangan Janin Dari Minggu Ke Minggu

Beberapa Tahapan Perkembangan Janin Dari Minggu Ke Minggu

Hamil adalah sebuah keadaan yang sangat dinantikan oleh seorang wanita. Memiliki seorang keturunan adalah sebuah impian dari sepasang suami istri untuk bisa menimang momongan. Biasanya pada saat memeriksakan ke dokter biasanya kondisi kehamilan baru bisa diketahui saat sudah memasuki usia kehamilan memasuki usia 4 minggu. Tahapan perkembangan janin dari minggu ke minggu dapat dipantau menggunakan USG. Pada saat USG, biasanya dokter akan bisa memberitahukan kepada Anda bagaimana perkembangan janin dalam rahim Anda. Penampakan janin pada saat usia janin memasuki usia 4 minggu hampir tidak bisa dibedakan dengan segumpal daging. Oleh sebab itu, saat pemeriksaan ke dokter pada saat awal kehamilan tentunya akan sangat sulit mengenali apakah itu janin atau segumpal daging.

Berikut ini tahapan perkembangan janin dari minggu ke minggu yang dapat diketahui ketika ibu memeriksakan diri dengan prosedur USG. Berikut ini ciri-ciri janin yang berusia 4 minggu. Embrio atau calon janin mulai tumbuh pada janin ibu. Ukuran janin yang berusia 4 minggu baru sebesar biji kacang hijau. Embrio ini baru mulai tumbuh dan baru bisa di deteksi kehamilan pada usia janin 4 minggu ini. Kelihatannya janin tidak dapat dibedakan dengan segumpal daging. Sehingga biasanya wanita yang memeriksakan diri ke dokter akan diminta menunggu saat usia janin memasuki 4 minggu. Pada usia kehamilan ini sel plasenta sudah mulai ada. Fungsi plasenta pada janin antara lain sebagai pensuplai makanan dan nutrisi bagi janin. Sel plasenta ini sudah mulai membentuk jaringan mikro.

Tahapan perkembangan janin dari minggu ke minggu harus rutin dipantau dengan melakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan. Selain memeriksakan diri ke dokter kandungan, sebaiknya seorang ibu yang sedang hamil juga rutin memberikan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi dan agar perkembangan janin menjadi lebih sehat dan juga normal. Meskipun salah satu tanda ibu hamil adalah mual dan malas untuk makan, namun ibu harus memaksakan diri untuk makan agar kebutuhan nutrisi harian ibu dan janin yang dikandung oleh ibu agar tetap sehat dan tumbuh normal. Beberapa tanda ibu hamil memang membuat ibu menjadi tidak nyaman. Kondisi ini akan membuat para ibu akan merasa tidak ingin beraktivitas dan juga tidak ingin makan. Namun untuk urusan makan harus dipaksakan supaya janin dalam rahim ibu dapat tumbuh dengan normal dan juga sehat serta dapat lahir dalam kondisi sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *