Thursday, September 21, 2017
Home > Review > Berkreasi Makanan Sehat Untuk Anak

Berkreasi Makanan Sehat Untuk Anak

Anak pada masa pertumbuhan tentunya membutuhkan asupan nutrisi yang cukup baik terutama dari makanannya. Apabila dalam makanannnya tidak terdapat nutrisi yang mencukupi maka proses pertumbuhna anak menjadi kurang optimal. Namun masalahnya adalah terkadang anak-anak suka sedikit pilih-pilih makanan. Akibatnya asupan gizinya akan menjadi kurang. Nah, ibu perlu berkreasi dengan resep camilan sehat untuk anak-anak agar asupan gizinya dapat dipenuhi secara optimal. Cailan sebenarnya tidak bisa menggantikan posisi makanan utama yang dikonsumsi oleh anak. Namun dengan camilan diharapkan anak akan dapat terpenuhi kebutuhan nutrisinya yang tidak didapatkannya dari makanan utama yang dikonsumsinya. Camilan ini tentu saja harus dipilih type camilan yang benar-benar dapat menutupi kekurangan nutrisi yang dialami oleh anak. Meskipun biasanya camilan itu tidak mengenyangkan, namun ibu bisa membuat beberapa resep makanan ringan yang tentunya akan disukai oleh anak dan juga memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan cukup baik. Ada beberapa type anak yang melihat makanan bukan karena sekedar rasanya namun juga melihat dari penampilan. Oleh karena itu, ibu bisa memilihkan camilan yang memenuhi kebutuhan nutrisinya sekaligus menarik.

Beberapa resep camilan sehat untuk anak yang bisa ibu coba adalah roti gulung sayuran. Roti dipilih karena mengandung karbohidrat kompleks yang akan membuat anak menjadi lebih kenyang meskipun tidak menyantap menu makanan utama yang ibu masak. Sayuran dipilih sebagai isi karena beberapa anak biasanya akan menolak ketika diberikan makanan utama dengan beberapa sayuran sebagai menu utama. Langkah ini bisa juga dilakukan sebagai proses pengenalan anak terhadap rasa sayuran. Tentu saja pengemasan sayuran sebagai isian ini juga akan membuat camilan ini menjadi lebih kaya nutrisi dan juga penuh warna.

Ibu bisa siapkan beberapa lembar roti tawar, kemudian beberapa jenis sayuran seperti wortel dan brokoli yang sudah direbus dan dipotong kecil. Ibu juga bisa  baca juga disini bahan penggantinya dengan beberapa jenis sayuran lainnya yang memiliki warna lebih cerah dan rasa manis. Ibu bisa rebus sayuran tersebut kemudian ibu bisa tambahkan mayonaise. Pertama-tama pipihkan roti tawar tersebuut, kemudian diberi olesan mayonaise. Kemudian taburkan sayuran yang sudah ibu siapkan dan satu lembar keju. Jika anak suka, ibu bisa tambahkan beberapa potong daging yang sudah dimasak sebagai isian, kemudian ibu gulung rotinya dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian setelah keras, ibu bisa potong menjadi beberapa bagian sebelum dikonsumsi. Resep camilan sehat ini selain akan disukai anak karena penampilannya yang menarik, namun juga akan memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *