Monday, August 19, 2019
Home > Lain Lain > Cara Menentukan Harga Desain Brosur

Cara Menentukan Harga Desain Brosur

Memilih profesi menjadi desiner grafis freelance acap mengalami kendala seperti menghitung harga desain yang Anda buat untuk klien. Sebenarnya banyak yang harus Anda hitung kalau memang benar ingin mengukur berdasarkan standar yang Anda inginkan. Meksi tampak rumit, tapi ini menjadi fakta yang harus Anda ketahui. Terlebih memilih menjadi membuatkan desain brosur online.

Memang, menjadi seorang desainer grafis sangat menguntungkan, apalagi melihat perkembangan zaman yang meminta setiap orang berkerja secara fleksibel dan giat. Namun, masalah yang acap ditemukan adalah cara menghitung desain brosur online yang Anda ilustrasikan sebagai seorang desainer grafis. Apalagi ketika Anda bekerja sebagai freelance, tentu gaji yang Anda dapatkan berdasarkan berapa banyak orderan desain yang Anda kerjakan.

Proses Panjang yang Memakan Waktu untuk Membuat Desain Brosur Online

Selama menjadi seorang desainer grafis Anda harus mengerti komponen terpenting ketika melakukan perhitungan harga jasa sebuah desain. Beberapa komponen tersebut, adalah indeks atau standar harga per jam mengerjakan desain dan tahapan kerja serta proses kreatif selama menentukan desain.

Untuk memahami komponen yang kami maksudkan, Anda harus mencermati uraian pada paragraf ini. Anggap saja Anda baru lulus dari kuliah jurusan desain di salah satu universitas di Jakarta. Lalu, Anda melamar pekerjaan dan mengetahui jika rata-rata gaji seorang desainer baru sekitar 1,2-juta hingga 2-juta. Lantas muncul pertanyaan, berapa indeks per jam kerja yang Anda dapatkan? Anggap saja Anda menginginkan pekerjaan dengan gaji minimal 2-juta per bulan. Hitungannya bisa Anda simak di bawah ini.

  • Jam kerja kantor per hari 8 jam, dikurangi jam istirahat selama 1 jam (7 jam kerja).
  • Anda bekerja selama 22 hari, per bulan.

Maka, indeks per jam kerja yang Anda peroleh, adalah Rp2.000.000 : 8 = Rp11.363. Anda bisa membulatkannya menjadi Rp12.000. Jadi indeks per jam yang Anda peroleh sebesar Rp12.000.

Suatu ketika Anda mendapatkan pesanan desain brosur secara online. Anda harus memberikan hasil maksimal supaya klien merasa puas dan bisa memesan langsung ke Anda suatu hari nanti. Ketika pihak klien memberikan penjelasan tentang konten isi brosur, maka berapa harga yang harus Anda ajukan? Untuk mempermudah, perhatikan poin-poin di bawah ini.

  • Redraw logo ataupun brosur selama 3 jam.
  • Mencari gambar latar (background) sekitar 3 jam sekaligus mencocokan dengan konten isi brosur.
  • Mengetik isi konten ke gambar kasar brosur sekitar 15 menit hingga 1 jam.
  • Memikirkan konsep brosur yang memikat dan menarik selama 4 jam.
  • Membuat sketsa gambar atau desain selama 4 jam.
  • Melalukan layout selama 1 jam hingga 3 jam.
  • Print sataupun scan jika tidak terjadi eror selama 30 menit.
  • Jika ada revisi, maka akan dilakukan revisi dengan waktu pengerjaan sekitar 2-5 jam, bergantung berapa banyak bagian yang direvisi.
  • Melakukan scan lagi.

Jika Anda bersedia mengerjakan tanpa istirahat, maka waktu penyelesaian sebuah desain brosur bisa memakan waktu lebih dari 24 jam.

Untuk melakukan proses print, Anda harus memilih jenis kertas yang cocok untuk brosur agar tampak menarik. Mulailah untuk mengecek warna desain, kualitas foto, proses postscript file, kemudian memindahkan PDF High Quality, burning ke CD, final print, dan lain sebagainya. Jika ditotal dari keseluruhan proses, maka indeks per jam kerja yang Anda lakukan sebesar Rp840.000, itu belum biaya untuk mencari untung. Jadi, bisa saja satu desain brosur memakan harga mencapai Rp.1.000.000. Jika Anda freelance, perhatikan juga biaya makan, minum, paket data, dan lain sebagainya.

Itulah proses panjang menghasilkan desain brosur online yang harus diapresiasi oleh klien dengan memberikan harga yang wajar. Pasalnya, kesadaran masyarakat ini menganggap jika desain apapun jenisnya dipatok dengan harga murah, harga teman, bahkan gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *