Thursday, May 23, 2019
Home > Lain Lain > Cara Mengurus STNK Yang Hilang

Cara Mengurus STNK Yang Hilang

cara mengurus stnk yang hilang

Cara Mengurus STNK yang Hilang dan anda tidak memiliki fotokopi STNK tersebut karena kredit kendaraan belum lunas dan BPKB masih berada di perusahaan leasing sebenarnya tidak jauh berbeda caranya dengan yang sudah memiliki BPKB serta fotocopy yang lengkap. Unruk anda yang pertama kali mengalami kejadian kehilangan surat kendaraan ini biasanya akan langsung panik dan tidak tahu bagaimana cara mengurusnya. Namun admin disini akan memberikan sedikit informasi untuk tata cara mengurusnya. Tenang saja untuk mengurus agar bisa mendapatkan STNK baru sebenarnya cukup mudah dan biayanya tidaklah terlalu mahal. Mungkin jaman dahulu orang lebih sering memakai jasa calo untuk pengurusannya, nah hal inilah yang menjadikan biayanya lebih mahal. Namun sekarang ini anda bisa mengurusnya sendiri dan biaya yang dikeluarkan berkisar dari Rp 50.000 sampai dengan Rp 80.000,- saja berdasarkan data dari Divisi Mabes Polri.

Untuk cara mengurus STNK yang hilang, anda hanya perlu datang ke SAMSAT terdekat di kota anda dan nanti anda akan diminta untuk mengisi formulir, dan isilah formulir tersebut dengan lengkap. Jika tidak ingin antri terlalu lama maka anda bisa mempersiapkan terlebih dahulu peralatan tulis seperti pulpen bertinta hitam serta tipex karena walaupun disana juga disediakan, namun tentu saja jumlahnya pun juga terbatas. Beberapa tahapan penting yang harus anda di lakukan jika STNK anda hilang dan ingin mengurus yang baru tanpa menggunakan jasa calo ternyata cukup mudah. Pada saat anda menyadari bahwa STNK telah hilang sesegera mungkin anda datang ke kantor polisi (Polres atau Polsek) terdekat untuk melaporkan kejadian tersebut lengkap beserta dengan kronologi yang anda ingat. Selanjutnya pihak yang bertugas akan membuatkan anda surat keterangan kehilangan untuk dibawa sebagai pelengkap mengurus yang baru nantinya di SAMSAT.

Surat keterangan kehilangan tersebut biasanya berlaku terbatas maksimal hanya sampai 30 hari agar pemilik segera mengurus STNK baru sebelum masa aktif surat keterangan tersebut kadaluwarsa. Beberapa dokumen yang harus dibawa saat cara mengurus STNK yang hilang dan dilengkapi untuk bisa dibuatkan kembali STNK yang baru menurut informasi yang berasal dari Divisi Humas Mabes Polri adalah, KTP pemilik kendaraan (asli dan juga fotokopi), Fotokopi STNK yang hilang, Surat keterangan kehilangan STNK dari kepolisian (Polsek atau Polres setempat), BPKB (asli dan fotokopi). Namun bagi anda pemilik kendaraan yang tidak punya salinan atau foto kopi atas STNK maupun BPKB karena masih berada di kantor leasing (kredit kendaraan bermotor belum lunas), maka terlebih dahulu harus meminta salinannya kepada pihak leasing tersebut untuk keperluan pengurusan STNK yang baru.

Persyaratan seperti dokumen kehilangan yang diperlukan sudah anda lengkapi kemudian mendatangi kator SAMSAT terdekat atau tempat penerbitan atau pengesahan STNK beserta dengan surat keterangan kehilangan yang berasal dari Polsek atau Polres yang sudah anda urus sebelumnya. Perlu anda ketahui jika di dalam STNK terdapat 3 (tiga) instansi yang mengesahkan STNK yakni Polri, Dinas Pendapatan Provinsi dan PT Jasa Raharja. Cara mengurus STNK yang hilang diatas mungkin saja bisa berubah sewaktu waktu tanpa ada pembritahuan terlebih dahulu, akan tetapi biasanya untuk mengurus stnk yang hilang anda cukup membawa dokumen dan salinan yang diperlukan seperti yang sudah admin jelaskan diatas, masalah biaya tentu saja akan lebih murah jika anda mengurusnya sendiri tanpa perantara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *