Home > Kesehatan > Faktor Resiko dan Pengobatan Cacar!

Faktor Resiko dan Pengobatan Cacar!

Penyebab Cacar Air

Cacar air disebabkan oleh virusĀ varicella zosterĀ ini ditandai dengan munculnya ruam pada kulit sebagai gejala utamanya. Ruam tersebut akan berubah menjadi bintil merah berisi cairan yang terasa gatal yang kemudian akan mengering, menjadi koreng, dan terkelupas dalam waktu 7 hingga 14 hari. Bagian-bagian tubuh yang biasa ditumbuhi bintil cacar air adalah wajah, belakang telinga, kulit kepala, dada, perut, lengan, serta kaki.

Faktor Risiko Komplikasi Cacar Air

Tidak semua cacar air pada anak dapat sembut dengan sendirinya. Ada gejala tak biasa yang harus diwaspadai seperti bintil-bintil di kulit, atau jika anak mengalami muntah, leher kaku, kejang, serta menjadi sulit berjalan, bicara, dan menjaga keseimbangan tubuhnya. Segera hubungi dokter jika kondisi cacar air anak makin serius.

Cacar air pada wanita hamil, bayi yang baru lahir, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah juga lebih rentan terhadap komplikasi serius. Mereka sebaiknya mencari bantuan medis secepatnya jika terpapar virus ini atau mengalami gejala-gejalanya.

Sedangkan cacar air pada orang dewasa dewasa cenderung lebih parah dan berisiko mengalami komplikasi. Obat penangkal virus (antivirus) mungkin bisa efektif untuk mengobati pengidap cacar air dewasa jika diberikan pada 24 jam pertama saat pertama kali muncul bintil-bintil air.

Pengobatan Cacar Air

Tidak penanganan khusus terhadap cacar air namun tujuan pengobatannya untuk mengurangi gejalanya saja. Obat yang digunakan untuk cacar air biasanya ada dua jenis yaitu paracetamol untuk menurunkan demam. Yang kedua adalah losion atau bedak kalamin untuk mengurangi rasa gatal pada kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *