Home > Wisata > Hutan Pinus Gunung Pancar, Liburan Seru Ala Twilight di Bogor

Hutan Pinus Gunung Pancar, Liburan Seru Ala Twilight di Bogor

Pesona alam Jawa Barat memang tak perlu diragukan, banyak sekali tempat-tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan Anda daripada hanya sekedar menonton tv atau berdiam diri di rumah. Salah satu lokasi wisata yang bisa Anda kunjungi adalah Hutan Pinus Gunung Pancar.

Hutan Pinus Gunung Pancar ini termasuk ke dalam Taman Wisata Alam (TWA) dibawah Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat, namun tempat ini memang boleh digunakan sebagai obyek wisata.

Deretan pohon pinus yang menjulang menjadi pemandangan indah saat Anda memasuki hutan pinus yang terletak di desa Karang Tengah, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ini.

Selain menawarkan pemandangan pohon yang biasa Anda jumpai di hutan-hutan lainnya, hutan pinus gunung pancar ini juga menawarkan suasana tenang dan sejuk. Dengan suasana yang asri dan udara yang bersih tanpa polusi tentunya akan menjadi obat mujarab bagi Anda setelah disibukan dengan hiruk pikuk kota besar dan kesibukan pekerjaan yang membuat kepala Anda Penat . Sebagai informasi Gunung Pancar memiliki rata-rata suhu udara 24 °C pada malam hari dan suhu tertinggi 33 °C pada siang hari, dengan kelembaban udara rata-rata 58-82%.

Hutan pinus gunung pancar ini juga tentunya menawarkan berbagai kegiatan seru yang bisa Anda nikmati mulai dari bersepeda, hiking ringan, outbond hingga camping yang pastinya akan membuat Anda malas untuk kembali pulang.

Di hutan pinus ini juga terdapat warung-warung kecil sederhana yang bisa Anda kunjungi untuk sekedar menikmati obrolan seru bersama keluarga atau mungking ngobrol romantis bareng pacar ditemani secangkir kopi atau teh hangat bersama cemilan-cemilan ringan dan suara khas alam yang akan membuat suasana semakin romantis. Bahkan tidak jarang tempat ini sering dipakai oleh pasangan yang ingin menikmati momen berdua untuk saling bertukar pikiran, ada yang sengaja memilih tempat ini untuk melamar pujaan hatinya bahkan adapula yang menjadikan hutan pinus ini sebagai lokasi pengambilan foto pra-wedding dengan latar belakang pohon pinus. Jadi jika ingin merasakan memasuki hutan dengan pepohonan yang tinggi-tinggi seperti yang ada di film Twilight, tidak usah jauh-jauh pergi ke luar negeri .

Untuk menikmati pemandangan indah dan kegitan-kegitan seru di hutan pinus ini tidak lah mahal Anda hanya dikenakan tiket masuk berkisar antara 7.500 sampai 15.000 rupiah saja. Sedangkan untuk Anda yang ingin camping biayanya berkisar antara 80 ribu sampai 290 ribu rupiah dengan fasilitas yang pastinya lengkap, tentunya ini cocok bagi Anda untuk berlibur dengan budget pas-pasan.

Setelah Anda lelah berjalan mengelilingi hutan pinus ini, Anda dapat menikmati pemandian air panas yang terdapat di kawasan hutan pinus gunung pancar ini untuk membuat otot-otot kaki Anda kembali relax. Air panas di Gunung Pancar memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, karena air panas ini alami. Cocok bagi pengunjung yang ingin melakukan terapi ataupun sekedar relaksasi. Tidak hanya kolam pemandian umum yang disediakan disini teapi juga ada kolam pemandian pribadi yang bisa Anda coba bersama pasangan halal Anda.

Pemandian ini sendiri buka selama 24 jam. Lokasinya tidak jauh dari pintu masuk, Anda hanya perlu mengikuti jalan dan nanti bertemu dengan pintu masuk pemandian air panas. Harga tiket masuk air panas Gunung Pancar adalah sebesar Rp 25.000 per orang. Selain pemandian air panas di sekitaran gunung pancar ini juga tedapat makan keramat loh, jadi saat Anda berlibur tentunya harus tetap menjaga tata krama ya, serta tetap menjaga kebersihan dan jangan membuang sampah sembarangan karena alam harus tetap dijaga kelestariannya.

Apabila ingin mengunjungi hutan pinus yang terdapat di gunung dengan ketinggian kurang lebih 800 meter diatas permukaan laut yang terletak di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor ini Anda dapat melewati tol dan keluar di Gerbang Tol Sentul Selatan kemudian terus saja mengikuti jalan melewati Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah. Kondisi jalan beraspal dan cukup baik dengan jarak ± 13 km dan waktu tempuh ± 20 menit. Apabila menggunakan sepeda motor atau sepeda, bisa melewati Desa Cimahpar yang tembus ke Sentul Selatan juga. Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena jika menggunakan kendaraan umum masih terbilang cukup sulit untuk dijangkau.

Namun jika Anda dan keluarga berasal dari tempat yang terbilang jauh Anda bisa booking hotel murah di Reservasi.com karena saat ini sudah banyak terdapat hotel murah di Bogor yang bisa Anda cari selain mudah tentunya Anda tidak perlu berkeliling mengitari kota hanya untuk mencari hotel, cukup gunakan smartphone Anda tiket hotel sudah bisa didapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *