Thursday, September 21, 2017
Home > Pengetahuan > Ingin Makan Lebih Nikmat? Cobalah Aneka Sambal Khas Nusantara

Ingin Makan Lebih Nikmat? Cobalah Aneka Sambal Khas Nusantara

Sambal adalah sebuah warisan menu asli dari Nusantara yang tidak bisa dilepaskan dari budaya di masyarakat. Sambal rasanya adalah makan yang sangat digemari kerena rasa pedas yang dihasilkan cocok untuk lidah masyarakat Indonesia. Bisa didapati banyak sekali sambal yang bisa menjadi pilihan. Hal ini didasarkan, karena memang budaya yang ada di Indonesia ini sangatlah beragam. Bisa dikatakan seluruh pulau dan daerah yang ada di negara ini mempunyai banyak sekali aneka rasa sambel dapat menjadi pilihan. Meskipun rasanya pedas tetapi banyak yang menyukainnya karena bisa membuat ketagihan penikmatnya. Banyak sekali resep sambal yang menjadi masakan tradisional dengan citarasa khas Nusantara. Pada kesempatan kali ini coba kita bahas beberapa resep sambal khas yang bisa anda temukan hanya di Indonesia. Barangkali bisa menjadi pilihan menu untuk makan siang dan malam anda. Sehingga siapa tahu bisa menjadi salah satu sambal favorit.

Bagi anda masyarakat sunda harusnya sudah kenal yang namanya sambal oncom. Sambel ini seperti namanya memang terbuat dari bahan oncom yang banyak ditemukan di Jawa Barat dan wilayah terdekatnya. Akan tetapi bukan berarti tidak bisa anda buat sendiri di rumah. Hanya perlu menyediakan beberapa bahan seperti oncom yang sudah hancur, serai, daun jeruk, garam, merica, gula pasir, daun kemangi, minyak dan petai cina jika anda menyukai. Sedangkan, sebagai bumbunya perlu disiapkan seperti cabai rawit dan merah, serta bawang putih dan merah. Bumbu tersebut kemudian ditumis dengan minyak dan menambahkan jeruk dan serainya. Setelah beberapa saat ditambahkan dengan oncom dan juga garam. Jangan lupa merica dan aduklah dengan rata.

Sambal oncom hanyalah sebagian kecil dari sekian banyak sambal yang tersebar di seluruh Nusantara. Anda mungkin bisa menikmati beberapa sambal lainnya seperti sambal dabu-dabu yang berasal dari Manado, atau sambal mantah yang berasal dari Bali, atau sambal hijau dari Padang. Nah, yang jarang ditemukan ialah sambal bajak dari Surabaya. Semua sambal yang ada tadi sangat terkenal dengan rasa pedas. Itulah tadi beberapa sambal yang bisa menjadi pilihan untuk santapan yang lebih nikmat. Rasaya siapa saja yang berkunjung di berbagai wilayah akan ada yang kurang tanpa menikmati yang namanya sambal. Hobi dengan makanan yang pedas pokoknya wajib menikmati berbagai olahan sambal Nusantara. Bisa buat sendiri di rumah, karena resepnya bisa ditemukan dengan mudah melalui internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *