Friday, September 20, 2019
Home > Lain Lain > Inilah Panduan Mudah Bagi Pemula untuk Reservasi Tiket Kereta Api Online

Inilah Panduan Mudah Bagi Pemula untuk Reservasi Tiket Kereta Api Online

Banyak diantara masyarakat yang melakukan perjalanan jarak jauh lebih senang menggunakan sarana transportasi kereta api, yang ada dasarnya bisa menghindarkan dari macet dan juga ada jaminan kenyamanan untuk Anda. Pastinya banyak yang sudah tidak asing dengan transportasi yang terdiri dari gerbong-gerbong panjang ini bukan, mereka menggunakan jalanan khusus yang dinamakan sebagai rel untuk melaju sehingga ada jaminan terhindar dari resiko kemacetan yang sering kali terjadi ketika Anda memakai sarana transportasi darat lainnya seperti bus atau angkutan umum. Bahkan kemudahan lain juga ditawarkan dengan adanya tiket kereta api online.

Kebijakan yang satu ini setidaknya sudah ada sejak beberapa tahun lalu, yaitu 202 dimana pihak PT. KAI menerapkan aturan baru pemesanan atau reservasi tiketnya tak hanya bisa dilakukan secara langsung, melainkan juga online, lewat website resmi atau beberapa situs jual beli yang sudah bekerjasama dengan perusahaan tersebut. Memungkinkan konsumen untuk jauh lebih mudah di dalam membeli tiket tanpa harus datang ke tempatnya langsung.

Memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya belum banyak diantara masyarakat yang mengetahui cara pemesanan tiket kereta api online ini, sehingga masih mengutamakan pemesanan langsung ke tempatnya, padahal harus mengantri dalam jangka waktu yang cukup lama.

Jangan khawatir, berikut ini sedikit panduan mudah bagi Anda yang ingin membeli tiket kereta dengan sistem online tersebut, diantaranya adalah:

  1. Kunjungi situs resmi dari PT.KAI, website atau laman resmi penjualan ada di PT. KAI, namun jika memang Anda ingin mengakses dari situs yang lainnya tetap bisa, namun jaminan keamanan tetap dengan melakukan pembelian langsung dari sini.
  2. Tentukan tanggal keberangkatan serta stasiun yang dipakai dan stasiun tujuannya, pada menu reservasi nantinya Anda akan menemukan kolom ini di bagian pojok, isi sesuai dengan yang diinginkan, kemudian klik oke dan akan muncul beberapa jadwal dan juga nama dari kereta api yang melakukan perjalanan ke stasiun tujuan. Jangan lupa untuk memasukkan jumlah pemesanan, sertakan juga apakah itu dewasa atau bayi, karena akan sangat menentukan dalam pemesanan nantinya.
  3. Konsumen bisa menyesuaikan dengan schedule mereka, mulai dari jam atau waktunya, kemudian yang tak kalah penting adalah pemilihan kelas kereta tersebut, umumnya berbeda nama atau jenis kereta maka kelasnya juga akan berbeda. Kelas kereta api dibagi jadi 3 macam, diantaranya adalah eksekutif yang paling mahal, kelas bisnis dan juga kelas ekonomi yang banyak digunakan oleh masyarakat.
  4. Klik bagian kelas yang diinginkan, tentunya sesuai dengan jadwal yang ditentukan, mulai lakukan pengisian data, pengisian seperti biasa yaitu dengan mencantumkan nama, kemudian juga ada nomor KTP, beserta tujuan. Pastikan melakukan pengisian secara tepat.
  5. Pilih model pembayaran dan bayar sesuai dengan nominal yang diberlakukan, untuk pembayaran ini dapat disesuaikan dengan kemudahan Anda, mulai dari menggunakan sistem transfer lewat ATM, kartu kredit ataupun yang lainnya, setelah melakukan pembayaran umumnya Anda akan diminta melakukan konfirmasi.
  6. Lakukan konfirmasi dan dapatkan e-tiketnya secara online, jangan khawatir karena tiket ini nantinya dapat dicetak secara langsung di stasiun ketika aka berangkat. Jadi datanglah ke stasiun sedini mungkin.

Sangat mudah bukan, tak perlu memakan waktu terlalu lama hanya untuk mengantri jika pesan tiket kereta api online ini bahkan bisa dilakukan hanya beberapa menit saja, tak harus buang-buang waktu berharga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *