Thursday, September 21, 2017
Home > Pengetahuan > Kenali Corak Batik Terbaik Indonesia

Kenali Corak Batik Terbaik Indonesia

Anda mengaku cinta Indonesia, maka mengetahui dan memahami mengenai corak-corak batik Indonesia menjadi salah satu bentuk kepedulian Anda terhadap negara. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa batik adalah satu ciri khas tanah air yang memiliki ragam corak. Beragamnya corak ini akibat kayanya tanah air kita terhadap suku bangsa dan budaya yang ada disekitar. Sehingga hal ini mampu menghasilkan corak yang sangat menarik dan mengagumkan.

Hampir di setiap wilayah di tanah air memiliki corak batik Indonesia masing-masing. Bahkan berbagai corak ini telah ada dan telah populer sejak jaman dahulu kala. Jaman dimana segala hal dilakukan secara manual termasuk dalam mengerjakan batik. Sedangkan corak yang dibuat memiliki arti atau makna yang begitu indah. Lalu apa saja corak batik tradisional yang ada di tanah air? Mari kita kenali bersama-sama.

  1. Batik Aceh
    Batik aceh cenderung memiliki warna yang cerah dengan memperlihatkan kesan glamour dan elegan. Corak khas dari batik aceh ini adalah menggunakan perpaduan alam dan budaya masyarakat Aceh.
  2. Batik Banyuwangi
    Batik banyuwangi ini banyak memperlihatkan pesona alam dan sangat mengedepankan estetika atau keindahan.
  3. Batik Bali
    Batik bali ini biasanya lebih banyak menggunakan perpaduan corak binatang seperti kura-kura, rusa, bangau, dan lain-lain. Selain itu biasanya warna yang digunakan ialah warna-warna cerah.
  4. Batik Banyumas
    Batik ini memiliki corak yang terispirasi dari tumbuhan dan berbagai binatang khas dari Banyumas. Akan tetapi sebenarnya motif yang digunakan bahkan lebih beragam seperti motif Ayam Puger, Kawung Jenggot, Batu Wiljinan, dan lain lain.
  5. Batik Bengkulu
    Batik dari bengkulu ini memiliki corak yang begitu khas. Dimana batik ini dibuat dengan motif dominan seperti huruf kaligrafi dan juga dengan motif bunga Raflesia yang begitu unik. Selain itu, biasanya batik bengkulu juga akan dikombinasikan dengan berbagai motif fauna seperti misalnya burung kuau dan lain sebagainya.

Itulah informasi sekilas mengenai berberapa batik terbaik Indonesia beserta ciri khas dan juga coraknya. Semoga dengan ini mampu membantu Anda untuk lebih mengenali batik dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *