Thursday, May 23, 2019
Home > Kesehatan > Kenali Tanda Pembuahan Berhasil Lewat Warna Keputihan

Kenali Tanda Pembuahan Berhasil Lewat Warna Keputihan

Apa Anda sedang menjalani program kehamilan? Sebelum mengetahui tanda pembuahan berhasil, ada baiknya Anda mengetahui tanda ovulasi lewat warna keputihan agar program kehamilan dapat sukses. Ovulasi merupakan masa subur dan berpeluang meningkatkan kehamilan. Nah berikut merupakan tanda-tanda ovulasi lewat warna keputihan yang perlu Anda perhatikan.

Hari ke 1 Sampai 5

Pada hari ke 1 sampai 5 pada siklus menstruasi Anda tentunya merupakan waktu di mana haid sedang berlangsung. Pada waktu ini biasanya akan ada sedikit cairan putih yang keluar. Dan jika memang benar ada bahkan cairan putih tersebut tidak akan begitu ketara dan terlihat karena tercampur dengan darah.

Hari ke 6 Sampai 8

Pada umumnya hampir tidak ada keputihan sama sekali pada hati-hari terakhir masa menstruasi Anda. Mengapa? Pasalnya hampir tidak ada sama sekali aktivitas estrogen yang mendukungnya. Namun terkadang ada juga beberapa wanita yang mengalami keputihan berwarna cokelat gelap selama sehati atau bahkan dua hari setelah masa menstruasi.

Jika Anda mengalaminya, jangan khawatirkan hal ini. Pasalnya bercak keputihan yang berwarna kecokelatan tersebut merupakan darah tua yang merupakan cara tubuh untuk membersihkan bagian vagina setelah masa menstruasi. Jika Anda ingin cepat hamil, ini bukanlah waktu yang tepat. Sebab cairan tersebut akan menghalangi gerakan sperma dan mustahil untuk hamil.

Hari ke 9 Sampai 12

Seiring meningkatnya kadar estrogen dalam tubuh untuk mempersiapkan ovulasi, warna keputihan akan menjadi putih susu dan jumlahnya akan lebih banyak. Meski sperma masih bisa mencapai rahim, namun waktu ini tidak ideal untuk pembuahan. Mengapa? Pasalnya mungkin sel telur belum turun dari ovum sehingga mengurangi kesuksesan kehamilan yang mungkin terjadi.

Hari ke 13 sampai 14 Saat Ovulasi

Pada hari ke 13 sampai 4 merupakan saat ovulasi. Hari tersebut merupakan waktu yang tepat untuk bagi Anda yang sedang menjalankan program kehamilan. Pasalnya keputihan pada kondisi ini akan menjadi lingkungan yang tepat bagi sperma untuk berenang sampi ke sel telur. Oleh sebab itu, para ahli kesehatan menyebutnya sebagai lendir subur.

Pada umumnya jika pembuahan berhasil, dalam jangka waktu beberapa hari atau beberapa minggu, Anda akan merasakan gejala awal kehamilan sebagai tanda pembuahan berhasil. Tanda-tanda awal kehamilan tersebut antara lain mual, muntah, mudah lelah, kram perut disertai dengan bercak darah, suasana hati yang berubah-ubah, dan lain sebagainya.

Hari ke 15 Sampai 28

Setelah melewati masa ovulasi cairan keputihan akan berubah menjadi lebih kental dan akan surut karena pengaruh progesteron dalam tubuh yang cenderung mendominasi hormon Anda. Pada kondisi ini sperma cenderung tidak dapat berenang bebas dan tidak ideal untuk melakukan pembuahan.

Sebelum mengetahui apa saja tanda pembuahan berhasil maka sangat penting bagi Anda untuk mengetahui tanda-tanda ovulasi lewat warna keputihan. Terutama bagi Anda yang sedang menjalankan program kehamilan agar angka kesuksesan semakin meningkat. Anda juga bisa mendapatkan tips seputar program hamil lainnya hanya di orami.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *