Monday, November 20, 2017
Home > Wisata > Makanan Enak Khas Solo yang Harus Anda Coba

Makanan Enak Khas Solo yang Harus Anda Coba

Berlibur atau datang ke kota Keraton di Surakarta atau lebih dikenal dengan sebutan Solo, tak lengkap jika tidak mencoba makanan enak dan minuman khas kota Solo yang dikenal manis dan gurih. Makanan Solo yang dibuat dengan menggunakan cara-cara tradisional memberi cita rasa tersendiri di lidah yang tidak dapat dibandingkan dengan makanan dari daerah lain apalagi makanan dari luar negeri. Tidak perlu mengunjungi restoran-restoran mahal atau mall-mall besar untuk menikmati hidangan khas Solo, para penikmat kuliner justru akan mendapat pengalaman lain saat menikmati makanan yang enak di pinggir jalanan Solo yang asri dengan tiupan angin dan keramah-tamahan penjual makanan dan pengunjung yang lain.

Beberapa makanan khas Solo memang dapat dinikmati diberbagai daerah lain terutama di pulau Jawa, namun menyantap hidangan secara langsung di tempat asalnya dan diracik oleh warga asli tempat tersebut pastinya lebih lezat dan mantap. Berikut ini beberapa makanan khas daerah Solo yang wajib Anda coba pada saat Anda berada di sana:

  1. Gudeg Ceker Solo
    Gudeg disajikan bersama ceker yang direbus menggunakan santan. Dapat dibayangkan betapa gurihnya rasa ceker di gudeg ini? selain itu guyuran kuah sambel goreng krecek dan irisan rempelo ati semakin memperkaya rasa gudeg asli kota Solo ini. Lokasi gudeg ceker di Solo banyak ditemukan di ruas jalan Woltermonginsidi dan di beberapa tempat lain di wilayah Solo Baru.
  2. Tengkleng
    Tengkleng Solo banyak berisi tulang dengan sumsum yang tebal. Direbus tanpa santan dengan usus, jeroan dan sedikit daging. Bagi Anda pecinta makanan berdaging dan pedas, kuliner satu ini wajib dicoba. Makanan ini banyak ditemukan di area Pasar Klewer dan di sekitar jalan letjend Sutoyo.
  3. Pecel Ndeso
    Pecel berbahan utama nasi merah dengan sayuran-sayuran rebus seperti keningkir, jantung pisang, petai cina, bunga turi dan kacang panjang. Biasa disajikan dengan pilihan lauk seperti belut goreng, rempeyek teri, telur ceplok dan lauk lainnya yang cocok untuk Anda.

Selain makanan enak, Solo juga memiliki minuman khas yang tak kalah enaknya, diantaranya:

  1. Wedang Ronde / Wedang Dongo
    Berisi bulatan tepung ketan yang di dalamnya terdapat kacang tumbuk. Disajikan dengan kuah air jahe panas dan taburan kacang tanah. Sangat baik diminum sebagai penghangat tubuh atau menusir kelelahan saat mengemudi.
  2. Es Potjong / Es Pocong
    Terletak di jalan Slamet Riyadi, es ini terbuat dari jenang sumsum yang diguyur dengan kuah sirup merah, es serut dan gula cair. Ada beberapa pilihan toping seperti potongan mochi, coklat, dan sirup atau selai.
  3. Es Teler Kobar
    Berisi potongan alpukat, ketan, durian dan parutan kelapa, es teler ini sangat nikmat diminum saat terik matahari sedang tinggi-tingginya. Yang lain dari es teler ini adalah adanya butiran kelengkeng jika musim kelengkeng tiba. Minum es teler ini perut Anda dijamin penuh karena banyaknya isi buah di dalamnya.

Itulah beberapa referensi makanan enak beserta minuman yang patut Anda coba ketika Anda berada di kota Solo. Menikmati makanan khas kota Solo di kota Solo pastinya akan lebih menyenangkan dan terasa akrab dibanding menikmatinya di kota lain. Jangan lupa mengajak keluarga atau teman dekat karena kota Solo juga memiliki berbagai tempat wisata yang sayang jika dilewatkan begitu saja seperti wisata keraton, curug sewu, dan wisata belanja di pasar tradisional Klewer.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *