Tuesday, October 23, 2018
Home > Review > Marquez Optimis Jelang MotoGP Le Mans

Marquez Optimis Jelang MotoGP Le Mans

Image result for Marquez Optimis Jelang MotoGP Le Mans

                Berbicara sport kurang lengkap rasanya jika tidak membahas berita MotoGP 2018. Cabang olahraga yang memacu adrenalin dengan kecepatan ini akan memasuki seri kelima musim ini yaitu Sirkuit Le Mans di Prancis. Sang pemuncak klasemen, Marc Marquez mengaku antusias jelang balapan pada tanggal 20 Mei mendatang. Performa Marc sendiri di Sirkuit Le Mans tidak terlalu bagus bahkan terbilang menyedihkan. Ia punya pengalaman buruk gagal finish usai terjatuh di sirkuit yang sama pada musim lalu. Bahkan rider legendaris Valentino Rossi pun gagal finish musim lalu. Keangkeran tikungan sirkuit Le Mans memang kerap menyulitkan banyak sekali pembalap kawakan. Namun salah satu rider papan atas Dani Pedrosa berpendapat lain. Pedrosa yang pada musim lalu berhasil naik podium mengatakan bahwa tikungan di Sirkuit Le Mans adalah salah satu favoritnya dan ia berharap keunggulan ini mampu membuatnya sekali lagi naik podium serta memangkas selisih jarak dengan Marquez.

                Meski masih memimpin klasemen MotoGP dengan 70 poin namun kondisi Marc cukup mengkhawatirkan. Selain selisih poin yang masih sangat bisa dilewati oleh pesaingnya, gaya balapan Marc musim ini dianggap terlalu nekat dan membahayakan pembalap lain. Hal ini berpotensi menyebabkan terjadinya pelanggaran sehingga mendapat poin penalty seperti yang ia alami pada seri argentina sebelumnya dimana ia dijatuhi hukuman ride through lantaran turun dari motornya akibat mesin mati. Ia juga mendapatkan hukuman usai kedapatan menyenggol Aleix Espargaro serta Valentino Rossi.

                Dengan banyaknya hukuman yang didapatkan Marc yang secara otomatis mempengaruhi posisinya digaris finish membuat kemungkinan pembalap lain mengkudeta posisinya di puncak klasemen semakin besar. Jika kita melihat urutan klasemen motoGP 2018, Johann Zarco yang berada di posisi kedua hanya memiliki selisih jarak 12 poin dari Marc. Sementara ditempat ketiga, rider Yamaha, Maverick Vinales menempel ketat dengan 50 poin. Disusul oleh Andrea Iannone di posisi keempat dengan 47 poin. Lantas apakah Marc mampu memperbaiki performanya demi mempertahankan posisi puncak klasemen? Jawabannya akan kita temukan pada hasil di Sirkuit Le Mans nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *