Tuesday, August 22, 2017
Home > Wisata > Memanjat Monas, Mengintip Panorama Jakarta dari Ketinggian

Memanjat Monas, Mengintip Panorama Jakarta dari Ketinggian

Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Kalau kamu ngaku orang Indonesia tapi tidak kenal Monas, wah jangan sampai, deh.

Monas atau Monumen Nasional ini adalah salah satu ikon Kota Jakarta yang juga sudah menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Monumen bersejarah ini menjadi salah satu simbol yang sengaja dibangun untuk menandai perjuangan bangsa Indonesia sejak masa pra kemerdekaan hingga sekarang.

Memang, rasanya takkan lengkap kalau mengunjungi Jakarta tapi tidak menyempatkan diri untuk singgah di Monas. Tidak hanya berfungsi untuk menghiasi keindahan lanskap Kota Jakarta, Monas juga menyimpan banyak cerita tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia di masa lalu.

Monas terletak di tengah Lapangan Merdeka, atau yang juga dikenal sebagai Medan Merdeka. Lapangan seluas 1 km2 ini merupakan jantung dari Kota Jakarta, sekaligus pusat dari seluruh wilayah Indonesia. Bagian pucuk Monas dihiasi oleh sebuah lidah api yang terbuat dari 14,5 ton perunggu dan dilapisi oleh 38 kilogram emas. Jalan-jalan ke Monas selain menjadi kebiasaan yang menyenangkan untuk warga Jakarta terutama di hari Minggu pagi. Pintu masuk Monas berada di Lapangan Merdeka bagian Utara, tepatnya terletak dekat dengan Patung Pangeran Diponegoro yang digambarkan tengah menunggang kuda.

Jika lebih suka berjalan kaki, kamu dapat menyeberangi Lapangan Merdeka dengan santai sambil menikmati pemandangan di sekeliling Monas. Kalau kamu lelah berjalan, kamu bisa menumpangi Kereta Wisata Monas yang disediakan untuk turis. Rute pendek kereta ini akan membawa kamu menyeberang dari Lapangan IRTI (Silang Monas Barat Daya) hingga ke depan terowongan pintu masuk Monas. Seru dan gratis!

Memasuki Monas memang tidak seperti memasuki situs wisata lainnya. Kamu harus menuruni terowongan sekitar 3 meter di bawah permukaan tanah untuk mencapai loket penjualan tiket. Dari loket penjualan tiket ini, kamu akan menemukan Museum Sejarah Nasional Indonesia yang sangat tenang dan berpenerangan sedikit redup.

Museum Sejarah Nasional Indonesia memiliki koleksi diorama sejarah Indonesia sejak zaman prasejarah, zaman kerajaan, zaman penjajahan, hingga masa orde baru. Untuk menaiki puncak Monas, kamu akan diarahkan untuk menaiki lift. Setiap lift dioperasikan oleh seorang pegawai yang akan setia mengantar kamu menaiki Monas hingga ke puncak.

Setelah sampai di puncak Monas, kamu akan menemukan 4 buah teropong untuk mengintip panorama Kota Jakarta dari ketinggian. Kamu bisa puas untuk meneropong pemandangan metropolitan Kota Jakarta.

Pemandangan akan semakin menakjubkan apabila kamu meneropong Jakarta dari Monas saat malam hari. Kamu akan menemukan panorama Kota Jakarta yang ditumpahi lautan kendaraan dan lampu berwarna-warni.

Wisata ke Monas tidak hanya akan membuatmu memiliki pengalaman untuk meneropong Jakarta dari ketinggian. Kamu juga bisa berkunjung ke salah satu ruang legendaris perekam sejarah bangsa Indonesia yang disebut Ruang Kemerdekaan. Ruang Kemerdekaan ini terletak persis di bagian cawan Monas.

Saat kamu pertama kali membuka pintu Ruang Kemerdekaan, kamu bisa mendengarkan alunan lagu Padamu Negeri dan suara Presiden Soekarno saat membacakan teks proklamasi.

Berlibur ke Monas sama halnya dengan menelusuri jejak sejarah bangsa Indonesia. Wisata di Monas bukanlah sebuah wisata tanpa makna, melainkan wisata untuk merenungi perjuangan bangsa Indonesia.

Kalau kamu mengaku cinta Indonesia dan penasaran untuk mengunjungi Monas, silakan datang ke Monumen Nasional yang terletak di Jalan Pelataran Merdeka, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Harga tiket masuk Monas sangat terjangkau, yakni Rp. 20.000,- untuk pengunjung dewasa dan Rp. 10.000,- untuk pengunjung anak-anak. Kalau ingin menuju ke pelataran puncak, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 7.500,- dan bagi anak-anak akan dikenakan biaya Rp. 3.500,- saja.

Saat ini ibukota Jakarta sedang gencar-gencarnya menerapkan kebiasaan untuk menggunakan e-ticket sehingga kemungkinan besar kamu akan diminta untuk membeli kartu tiket yang dapat diisi ulang saat masuk ke Monas.

Nah, sekarang tunggu apalagi. Kalau kamu berasal dari luar Jakarta dan ingin berwisata ke Monas, pastikan kamu rajin mengecek tiket pesawat online . Perihal tiket pesawat online, sebaiknya kunjungi https://www.indonesiaflight.id/pesawat . Dengan berbagai maskapai favorit, kami bisa mengantar kamu untuk meneropong indahnya Jakarta dari puncak Monas.

Ayo liburan seru ke Monas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *