Tuesday, April 24, 2018
Home > Kesehatan > Mencerahkan Wajah Secara Alami dengan Ampas Kopi

Mencerahkan Wajah Secara Alami dengan Ampas Kopi

Dibalik rasanya yang mantap, ternyata kopi tidak hanya cocok dimanfaatkan sebagai pelepas dahaga dan dopping agar mata tetap terjaga. Setelah diseduh, ampas kopi dapat membantu mencerahkan wajah secara alami dengan butirannya yang cukup kasar. Selain mencerahkan wajah, ampas kopi hasil seduhan juga bisa membantu mengurangi masalah lain seperti bintik, flek hitam, bruntusan, sampai komedo dan jerawat batu.

Apa jenis kopi yang baik untuk mencerahkan wajah secara alami? Ada beberapa jenis kopi yang dianjurkan, misalnya robusta atau arabica. Kedua jenis kopi ini sangat mudah diperoleh di Indonesia hingga menjadi salah satu komoditi penjualan sampai internasional. Jadi, untuk membeli kopi tersebut tidak dibutuhkan harga yang mahal karena ketersediaannya selalu ada tanpa mengenal musim.

Supaya tidak mubazir, seduh dahulu kopi dengan air panas. Setelah ampasnya mengendap, maka tuang air kopi yang tidak berampas ke gelas lain untuk selanjutnya diberi gula, creammer, atau susu. Sisihkan kopi tanpa ampas dan manfaatkan ampas kopi untuk dioleskan ke wajah dengan menggunakan kuas. Pilih kuas dengan permukaan yang lembut sehingga jika mengenai kulit maka tidak akan terasa kasar.

Jika masih ada sisa air yang kemudian menetes di wajah, maka usap dengan menggunakan tissue. Lalu, apabila sisa air sudah hilang maka pijatlah sekeliling daerah T menggunakan 2 jari yaitu jari telunjuk dan jari tengah. Di sekitar hidung, pijat agak keras supaya scrub ampasi kopi bisa mengelupas komedo atau jerawat batu yang membandel.

Kusamnya wajah bisa disebabkan oleh flek hitam dan jerawat. Pola makan yang mengandung MSG serta kurang berolahraga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Jika terus dibiarkan, maka wajah kusam tersebut bisa merenggut kecerahan wajah sedikit demi sedikit. Itulah yang harus dicegah supaya tidak berlarut – larut.

Mencerahkan wajah secara alami dengan ampas kopi memiliki nilai plus tersendiri. Pertama, ampas kopi dapat dikategorikan sebagai limbah sehingga pemanfaatannya tidak membutuhkan biaya. Kedua, karena strukturnya yang agak kasar, maka proses scrubbing akan bisa berlangsung secara maksimal. Ketiga, jika digunakan secara rutin maka pori – pori kulit pun bisa mengecil sehingga dapat mencegah jerawat dan radang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *