Home > Pengetahuan > Mengajari Anak Agar Mudah Menghafal

Mengajari Anak Agar Mudah Menghafal

Banyak anak yang memang gampang sekali untuk diajak menghafal, ada juga yang susah untuk diajak menghafal. Bagi anda seorang ibu ataupun seorang guru, tentunya jangan patah semangat untuk mengajari anak kita untuk terus menghafal. Kebiasaan menghafal tentunya harus sudah sejak kecil ditanamkan. Sejak usia 4 tahun sebenarnya anak kecil sudah mulai mau berfikir. Cara merangsang anak kita dengan cara mengajaknya bermain sambil belajar.

Untuk membiasakan anak kita agar pandai menghafal ini mudah sekali. Misalnya menghafal do’a do’a lah yang paling gampang diterapkan pada anak kita. Misalnya hafalan do’a ketika mau makan, mandi dan berpakaian sebagainya merupakan hal yang paling gampang. Ketika hendak makan, mandi dan sebagainya tuntunlah anak kita untuk sambil membaca do’anya. Jika hal ini dilakukan setiap hari maka lama kelamaan akan menjadi kebiasaan dan menjadi rutinitas yang biasa.

Selain itu juga anak kecil juga perlu ditanamkan bagaimana caranya menghafal ayat-ayat Al-qur’an. Cara dan waktu yang paling baik bagi anak anda untuk menghafal adalah ketika pagi dan malam hari. Sebagai permulaan bagi anda yang ingin anak nya hafal Al-qur’an sebaiknya bisikan ayat-ayat Qur’an tersebut sebelum ia tidur, dan saat ia bangun pagi. Dengan sering dibisikan ayat Al-qur’an maka anak anda pun ingatannya akan kuat. Itulah hikmah dari bisikan ayat Al-qur’an saat anak anda masih kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *