Kesehatan

Pengertian Brucellosis Serta Pencegahannya

Bakteri dari darah hewan seperti sapi yang masuk ke dalam tubuh manusia akan membentuk penyakit. Hal itu erat kaitannya dengan pengertian brucellosis. Memang orang jarang tahu nama dari masalah kesehatan yang dialami. Namun, lebih penting lagi adalah bahayanya. Tanpa orang-orang sadari.

Pengertian brucellosis sendiri ialah suatu keadaan di mana hewan yang terinfeksi oleh bakteri brucella, kemudian ditularkan pada manusia. Biasanya orang yang sering melakukan kontak dengan hewan ini berpotensi mengalami penyakit brucellosis. Baik itu peternak sapi, atau seorang pemotong sapi. Kontaminasinya bisa juga ada pada makanan olahan seperti susu sapi, keju, dan jenis olahan dari sapi.

IMG_256

express.co.uk

Gejala-gejala orang yang terkena penyakit brucellosis ini dapat lemahkan penderitanya. Badan terasa meriang, nyeri pada sendi dan otot. Kehilangan nafsu makan, dan sering sakit kepala. Anda juga dapat mengalami infeksi ini selama berbulan-bulan. Saat tanda-tanda itu dialami. Segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Anda dapat mencegah terjadinya brucellosis ini terjadi. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Jangan makan olahan sapi mentah

Olahan sapi seperti daging sapi mentah, susu, keju yang dikategorikan mentah membuat tubuh mudah terinfeksi bakteri. Masaklah daging dengan tingkat kematangan yang baik. Daging yang masih berdarah, merupakan tempat bersarangnya bakteri ini. Perhatikan juga susu yang dikonsumsi, beli di tempat yang memang kebersihannya terjamin, begitu juga dengan keju.

Saat anda mengkonsumsi olehan sapi yang masih mentah. Akibatnya bisa sangat fatal. Bakteri itu bisa menyerang organ tubuh. Anda bisa merasakan sakit di bagian sendi dan bagian tubuh lainnya dalam kurun waktu yang lama. Jika tidak diobati segera.

  • Menggunakan alat pelindung saat bekerja

Para peternak sapi juga dapat terkena penyakit ini melalui udara yang sudah tercemar oleh bakteri. Gunakan alat pelindung saat melakukan perawatan pada hewan ini. Pakai sarung tangan, tutup mulut agar bakteri tidak bisa masuk ke dalam tubuh.

Orang yang bekerja di pemotongan sapi juga bisa mendapatkan penyakit ini. Percikan darahnya dapat mengenai anggota tubuh lainnya. Jika tidak segera dibersihkan maka ia dapat masuk bersama oksigen yang dihirup ke dalam tubuh anda. 

  • Lakukan vaksinasi brucellosis pada hewan

Orang-orang yang mempunyai usaha sapi harus melakukan vaksinasi brucellosis. Hal itu dilakukan untuk mencegah bakteri itu berkembang pada hewan. Orang-orang juga tidak mengalami penyakit, akibat sapi. Melakukan vaksinasi juga dapat menjaga nama baik bisnis ternak yang anda miliki.

Saat ada keluhan tentang penyakit ini, anda bisa kehilangan pelanggan tetap. Jika tidak ingin itu terjadi, lakukan vaksin pada hewan. Orang-orang terdekat yang merawatnya juga tidak akan terkena brucellosis. 

  • Hindari luka badan yang terbuka saat melakukan kontak dengan sapi

Tutup luka yang ada di badan anda saat melakukan kontak dengan sapi. Luka yang terbuka dapat memudahkan bakteri masuk, sehingga anda akan mengalami penyakit ini. 

Bakteri ini juga ada di udara jadi mudah menempel di bagian tubuh yang juga terbuka. Saat berada dekat dengan sapi gunakan juga pakaian yang tertutup. Luka tidak cukup hanya ditutup dengan baju, bila perlu balut agar tidak ada celah untuk bakteri bisa masuk.

Pengertian brucellosis sudah anda ketahui, jadi hal itu disebabkan oleh bakteri. Secara perlahan membuat kondisi tubuh melemah dan timbullah berbagi penyakit seperti di daerah persendian. Segera hubungi doker saat anda mengalami gejala-gejala yang sudah disebutkan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *