Thursday, September 21, 2017
Home > Kesehatan > Penyebab Gatalnya Organ Intim Wanita

Penyebab Gatalnya Organ Intim Wanita

Kebersihan dalam membersihkan organ intim wanita sangat perlu dilakukan secara rutin sehingga tidak menyebabkan masalah yang serius terhadap organ intim wanita atau biasa disebut dengan vagina dimana dalam hal ini akan diulas mengenai bagaimana menjaga kebersihan kesehatan organ intim tersebut dan juga dalam hal ini akan dibahas mengenai penyebab gatalnya organ intim atau biasa disebut vagina. Ada banyak penyebab dari vagina gatal pada wanita yang disebabkan oleh kurang menjaga kebersihan pada organ intim tersebut dimana efek dari gatalnya organ intim tersebut dapat menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan vagina. Sudah banyak dokter yang menganjurkan wanita untuk selalu melakukan perawatan pada organ ini guna menjaga kebersihan agar tidak terkena penyakit yang berhubungan dengan organ intim ini.

Menurut salah satu dokter yang menangani masalah vagina ini mengatakan bahwa gatal yang dirasakan pada vagina adalah kondisi yang umum saat terjadi pada tingkat anak-anak sampai tingkat dewasa dan cenderung tidak berbahaya namun apabila dibiarkan maka akan menjadi berbahaya bagi kesehatan vagina anda. vagina gatal akan menyebabkan banyak masalah pada organ intim tersebut selama anda membersihkan daerah pada organ kewanitaan secara rutin maka anda tidak perlu khawatir dengan penyakit yang berkaitan dengan penyakit pada vagina. Dan dalam hal ini akan dibahas mengenai tips agar vagina anda tidak gatal sehingga hal ini dapat bermanfaat bagi anda dan berikut adalah ulasanya:

  1. Jangan gunakan sabun sembarangan dalam membersihkan organ intim anda apalagi menggunakan bahan kimia yang dapat mangganggu kebersihan dari organ intim anda maka dari itu gunakan sabun khusus yang mengandung povidone iodine untuk membersihkan area kewanitaan anda.
  2. Selalu bersihkan vagina anda saat menstruasi dan keluar cairan keputihan karena jika tidak selalu dibersihkan maka akan timbul adanya kuman dan bakteri jahat yang dapat menyebabkan penyakit pada vagina anda.

Dalam hal ini juga akan dibahas mengenai faktor yang menyebabkan vagina gatal pada organ intim sehingga hal ini dapat menjadikan anda berhati-hati dalam merawat kesehatan vagina anda sehingga anda dapat terhindar dalam penyakit yang berkaitan dengan organ intim ini. Dan berikut adalah mengenai faktor yang menjadi penyebab vagina gatal dengan juga tips agar dapat menanganinya:

  1. Adanya infeksi jamur pada organ intim anda yang tumbuh secara berlebihan akan menyebabkan infeksi yang lebih beresiko saat wanita tersebut mengalami kehamilan jadi akan berpengaruh saat kehamilan.
  2. Penggunaan antibiotik juga akan berefeksamping pada gatalnya vagina sehingga untuk itu anda harus kurangi pembersih antibiotik.
  3. Aktif berhubungan seksual namun jarang membersihkan organ kewanitaan juga akan menyebabkan gatal pada vagina anda.
  4. Penggunaan bahan kimia yang terdapat pada kondom, sabun atau tisu serta pembalut juga akan menjadi penyebab gatalnya vagina anda dan jangan gunakan sabun yang sembarangan.
  5. Faktor lain adalah faktor monopause yang menyebabkan dinding vagina akan menipis dan mengering sehingga dapat menyebabkan iritasi pada dinding rahim yang akan menyebabkan gatal pada dinding rahim tersebut.
  6. Selain kondidi lansia maka hal ini juga akan terjadi pada ibu yang sedang menyusui.

Dan yang terakhir yang perlu diperhatikan adalah apabila rasa gatal ini disertai rasa nyeri maka hal ini bukan saja tentang rasa gatal saja namun ada gangguan lain sehingga harus dikonsultasikan kedokter selain dari hal yang berkaitan dengan vagina gatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *