Friday, September 20, 2019
Home > Pengetahuan > Perkembangan Psikologi Pada Anak Masa Prasekolah

Perkembangan Psikologi Pada Anak Masa Prasekolah

Perkembangan psikologi pada anak masa prasekolah adalah suatu perubahan fungsional yang bersifat kualitatif, baik itu dari segi fisik maupun mental sebagai hasil dari keterkaitannya dengan pengaruh lingkungan yang sedang terjadi. Dan perkembangan tersebut di tunjukan pada adanya perubahan yang bersifat :

• Perubahan Secara Sistematis

Perubahan dalam perkembangannya di tunjukkan pada adanya saling ketergantungan atau saling mempengaruhi antara aspek-aspek secara fisik dan psikis dan menjadi satu kesatuan yang harmoni dan seimbang. Seperti misalnya anak yang di perkenalkan bagaimana cara untuk memegang pensil atau pulpen, membuat huruf-huruf atau angka dan di beri latihan oleh orang tua mereka. Kemampuan belajar menulis akan mudah dan cepat di kuasai oleh anak jika proses latihan di berikan pada saat otot-ototnya telah tumbuh dengan sempurna. Dengan begitu maka anak akan mampu untuk memegang pensil . membaca bentuk huruf dan menuliskan angka.

  • Perubahan yang Bersifat Progresif

Perkembangan yang di tunjukkan dengan adanya perubahan yang terjadi bersifat maju dan meningkat serta mendalam baik dari kualitatif maupun kuantitatif, seperti misalnya, perubahan akan pengetahuan dan kemampuan anak dari yang bersifat sederhana berkembang menjadi ke arah yang lebih kompleks. Biasanya anak yang melakukan hal ini akan cenderung manja dan keinginannya harus di penuhi, bahkan jika seorang anak memiliki barang yang lebih bagus, maka ia harus mendapatkan barang yang sama, apabila tidak dipenuhi anak akan menjadi marah dan cenederung berteriak. Selain itu jika nak meras kalah maka ia kan berpikir bagaimana caranya untuk menang,dan tak terima dikalahkan. Hal tersebut sebenarnya bagus, namun ada baiknya untuk para orang tua mengarahkannya menjadi lebih benar dan positif agar anak tidak tumbuh menjadi anak yang tidak hanya pesimis tetapi juga pemarah.

  • Perubahan yang Bersifat Berkesinambungan

Perkembangan psikologi pada anak masa prasekolah yang bersifat kesinambungan ini di tunjukan dengan adanya perubahan yang berlangsung secara berurutan , dan tidak bersifat terburu-buru atau meloncat karena adanya suatu kebetulan yang terjadi, seperti contoh, agar anak mampu berlari maka sebelumnya anak harus bisa berdiri sendiri dan merangkak terlebih dulu. Dengan mempelajari hal tersebut, maka anak akn dapat berkembang dan mampu mempelajari hal-hal baru yang ada di sekitarnya.

Demikian perkembangan psikologi anak pada masa prasekolah yang telah diberikan. Anak merupakan harta yang paling berharga, oleh karena itu berikan hal yang terbaik padanya dan didik anak untuk menjadi pribadi yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *