Tuesday, August 22, 2017
Home > Kesehatan > Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Balita

Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Balita

Fase Balita atau bawah lima tahun merupakan salah satu periode manusia sebelum menginjak fase dewasa. Masa balita dianggap sebagai masa yang sangat penting karena berhubungan dengan perkembangan kepribadian. Pada fase ini manusia terlihat lebih lucu serta menggemaskan. Pertumbuhan dan perkembangan anak balita dimulai dari perkembangan fisik yang merupakan salah satu tahap dimana adanya pertambahan berat. Balita berkembang yaitu dengan meningkatnya kemampuan fungsi dari tubuh seperti contohnya sudah mampu mendengar, melihat, berbicara dan juga gerak motorik. Dalam mendukung tumbuh kembang anak pastinya anda membutukkan banyak informasi agar anda mengerti hal-hal apa saja yang harus anda lakukan untuk dapat mendukung tumbuh kembang si kecil.

Tahapan pertumbuhan dan perkembangan anak balita dimulai dari balita akan terlebih dahulu untuk belajar berjalan dengan sempurna. Kemudian balita tersebut mampu melafalkan beberapa kata dua kata ataupun lebih. Mampu bermain serta mampu mengekspresikan emosinya baik itu ekspresi senang, atau bahkan menangis. Pertumbuhan balita usia 2 tahun yaitu sudah mampu berkomunikasi baik dengan temannya dan suka bermain. Sudah mulai mengerti jika diberi perintah, sudah dapat berjalan dengan lancar, mempunyai rasa ingin tahu yang besar dan juga sudah mau belajar untuk makan sendiri. Kemudian untuk pertumbuhan balita usia 3 tahun ditandai dengan yang sudah bisa menyebutkan namanya sendiri, banyak yang suka nyari lagu-lagu anak-anak, udah mampu bermain diluar rumah terus.

Dapat disimpulkan bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak semakin kesini semakin pintar untuk diajak berkomunikasi, berinteraksi dengan lingkungannya dan mulai mengerti apa yang diperintahkan dan apa yang didengar. Seperti halnya pertumbuhan balita pada usia 2 sampai 3 tahun yang semakin pintar. Untuk pertumbuhan dan perkembangan anak balita usia 4,5 tahun yakni pelan pelan sudah pandai menghafal huruf dan juga angka, sudah mulai untuk mengikuti berbagai kontes sekolah, dapat mengitung dengan jari. Untuk itu bagi anda yang ingin mengikuti perkembangan anak anda, sebaiknya ikuti saja kemudian pancinglah dengan berbagai jenis pertanyaan untuk anak anda dengan tujuan untuk mengetesnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *