Wednesday, December 13, 2017
Home > Lain Lain > Tiket Kereta: Ini Dia Keuntungan yang Anda Rasakan Jika Memesan Tiket Kereta Jauh Sebelum Hari yang Dipilih

Tiket Kereta: Ini Dia Keuntungan yang Anda Rasakan Jika Memesan Tiket Kereta Jauh Sebelum Hari yang Dipilih

Memesan tiket kereta memang lebih aman jika dilakukan jauh-jauh hari sehingga sebelum melakukan perjalanan usahakan menyiapkan kebutuhannya terlebih dahulu. Tentunya pilihan untuk memesan beberapa bulan sebelum keberangkatan hanya bisa diambil jika memiliki jadwal perjalanan yang terstruktur. Padahal tidak menutup kemungkinan Anda menerima kabar kurang sedap yang perlu segera datang ke kampung halaman atau suatu kota untuk keperluan mendesak tersebut. Otomatis pemesanan tiket pun hanya bisa dilakukan saat kabar diterima.

Ketika memerlukan tiket secara mendadak maka akan lebih mudah jika datang langsung ke stasiun, sehingga bisa mengecek tiket mana yang masih tersedia. Umumnya hanya terdapat sisa tiket dengan harga lumayan mahal sebab yang murah biasanya sudah ludes beberapa minggu sebelum hari H. meski memperoleh tiket yang mahal namun dijamin akan menerima fasilitas lebih sehingga nyaman selama perjalanan. Misal gerbong yang lebih lega sehingga lebih bebas bergerak, AC yang lebih kencang, dan lain sebagainya.

Lebih Untung Memesan Jauh-jauh Hari

Namun untuk perjalanan yang bisa direncanakan maka dianjurkan untuk memesan jauh-jauh hari. Misalnya perjalanan untuk tujuan liburan, mudik di akhir pekan yang panjang, atau mudik dengan mengambil sisa cuti tahunan. Pemesanan pun menjadi ideal dilakukan jauh-jauh hari sebab jika mendadak maka akan membayar harga tinggi. Otomatis budget perjalanan pun akan melar dan beberapa biaya untuk keperluan lain akhirnya dipakai untuk membeli tiket.

Sebuah perjalanan yang dijadwalkan akan membantu memesan tiket kereta jauh sebelum hari yang dipilih bersama keluarga ataupun teman seperjalanan. Pemesanan jauh-jauh hari ini kaya akan keuntungan, misalnya:

  • Bisa membayar lebih murah,

Kereta api menjadi transportasi yang disukai banyak orang sebab di satu jalur pemberangkatan terdapat beberapa gerbong. Sehingga memasang harga tiket yang beragam, tentunya dengan memesan jauh hari akan membantu mendapatkan tiket lebih murah. Jika mendekati hari H maka tiket murah akan habis kecuali tiket untuk gerbong lebih mahal, misal eksekutif.

  • Pilihan kursi yang lebih banyak,

Kalau Anda berencana menempuh perjalanan dengan kereta bersama seluruh anggota keluarga ataupun rombongan teman-teman. Tentu merasa lebih nyaman jika duduk di kursi yang berdekatan bila memungkinkan masih di satu kotakan kursi penumpang kereta. Pilihan kursi umumnya ditentukan komputer secara acak, namun jika dipesan jauh-jauh hari masih bisa pindah ke kursi lain yang berdekatan. Jika pemesanan mepet jangankan pindah kursi, mendapat tiket saja sudah harus bersyukur.

  • Lebih terjamin memperoleh tiket,

Jaminan memperoleh tiket untuk tujuan dan tanggal sesuai keinginan hanya bisa diperoleh jika pemesanan jauh-jauh hari dilakukan. Sebab masih banyak kursi kosong tersedia di gerbong dan siap untuk dipesan melalui pembelian tiketnya. Semakin mendekati hari H maka jumlah kursi kosong akan menurun dan ludes di hari H. Meski ada kemungkinan kursi kosong tetap ada saat kereta berangkat namun sangatlah kecil, intinya lebih aman dipesan jauh sebelumnya.

  • Perjalanan akan lebih lancar,

Memesan tiket jauh sebelum tanggal keberangkatan juga akan meningkatkan kenyamanan perjalanan tersebut. Semakin lama jangka waktu tiket di tangan dengan tanggal keberangkatan maka semakin menjamin perjalanan lebih lancar. Dikatakan demikian karena memang Anda akan punya banyak waktu menyiapkan kebutuhan perjalanan lainnya. Baik berupa barang bawaan maupun uang tunai, kalau hati tenang tentu akan membawa kebutuhan secara tepat. Maka pesan tiket kereta jangan terlalu mepet kalau tidak ingin repot sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *