Thursday, February 22, 2018
Home > Kesehatan > Tips dan Cara Mudah Pembuatan Omelet

Tips dan Cara Mudah Pembuatan Omelet

Omelet adalah salah satu menu makanan yang selalu dijadikan sebagai menu sarapan hampir oleh seluruh masyarakat di dunia. Di beberapa negara, omelet ini mempunyai beberapa varian, misalnya pajeon dari Korea, fuyunghai dari China, french omelette dari Prancis, frittata dari Italia, tortilla de patatas dariSpanyol, birenomelet dari Belanda dan masih banyak lagi. Memang tak mengherankan bahwa makanan ini terkenal dan mempunyai banyak varian sampai di banyak negara di dunia. Hal ini karenakan kemudahan dalam membuat dan juga kandungan yang terkandung didalam omelet ini. bahan dasar telur dalam omelet ini mengandung banyak protein dan kalori yang sangat penting bagi tubuh. Apalagi, bila Anda kreatif dan invatif dengan menambahkan beberapa bahan tambahan bergizzi lainnya seperti sayuran, daging, ayam dan lain sebaginya. Omelet ini juga dapat mencegah obesitas bila dikonsumsi dengan porsi pas dan seimbang sebagai sarapan. Bagi Anda seorang ibu sudah sepatutnya mengetahui beberapa manfaat omelet terebut bagi kesehatan keluarga Anda terutama anak Anda.

Walaupun pembuatan omelet ini tergolong mudah, masih banyak orang yang gagal dalam membuat omelet ini. maka dari itu simak resep, cara dan tips praktis serta mudah membuat omelet berikut ini.

Bahan:

  1. Telur ayam 3 butir
  2. Garam dan merica secukupnya
  3. Wortel yang telah dipotong kecil-kecil
  4. Brokoli yang telah dipotong kecil-kecil
  5. Minyak secukupnya
  6. Daging atau ayam yang telah dipotong kecil-kecil
  7. ΒΌ bombay yang telah dicincang
  8. Daun bawang yang telah iris halus

Cara pembuatan:

  1. Kocok terlebih dahulu telur, merica dan garam bersamaan. Masukan wortel, brokoli daging/ ayam, dan daun bawang kedalam adonan telur tadi. Lalu kocok sampai tercampur dengan rata.
  2. Panasnkan minyak pada teplon/wajan. Setelah minyak panas, masukkan bawang bombay dan tumislah sebentar.
  3. Setelah bawang bombay matang, masukan adonan telur tadi kedalam wajan.
  4. Tunggu beberapa saat sampai salah satu bagian kuning keemasan lalu balik omelet Anda. Ketika semua bagian sudah kuning keemasan, angkat omelet dan tiriskan.
  5. Setelah itu, omelet Anda bisa dihidangkan di piring dan siap untuk disantap.

Tips pembuatan:

  1. Rebus terlebih dahulu sayuran yang mempunyai tekstur keras seperti wortel dan brokoli. Hal ini bertujuan agar menghindari sayuran bertekstur keras tersebut tidak matang dalam omelet karena proses memasaknya yang sebentar.
  2. Gunakanlah api kecil dalam memasak omelet. Hal ini bertujuan agar omelet tidak hangus dan matangnya merata alias sempurna.
  3. Hindari penggunaan minyak yang terlalu banyak karena bisa menyebabkan omelet Anda sangat berminyak ketika dimakan.

Kini setelah Anda mengetahui resep,cara dan tips dalam membuat omelet ini, pasti Anda akan berhasil membuat sebuah omelet yang bergizi nan lezat. Jangan ragu untuk mencoba dan berkreasi dengan ide-ide yang Anda punya. Selamat mencoba semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *