Home > Gaya Hidup > Tips Memilih Apartemen di Jakarta

Tips Memilih Apartemen di Jakarta

Membangun hunian tempat tinggal di ibukota Jakarta memang akan terkendala masalah ketersediaan lahan. Lahan di Jakarta sudah semakin sempit karena banyaknya gedung-gedung pencakar langit. Apabila terdapat lahan kosong di Jakarta sekalipun pasti harganya akan sangat tinggi. Guna menyiasati keterbatasan lahan ini maka solusi yang biasa diambil adalah dengan membeli apartemen di Jakarta. Memilih apartemen juga tidak bisa sembarangan karena kerugian yang diderita apabila kita salah memilih apartemen dapat mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Pertimbangkan dengan baik dan teliti kembali apartemen tersebut sebelum kita resmi membelinya. Terdapat beberapa aspek penting dalam memilih apartemen yang harus kita perhatikan. Berikut akan dijelaskan satu per satu mengenai tips dalam membeli apartemen yang tepat sesuai kebutuhan.

Hal yang pertama harus dipertimbangkan dalam membeli apartemen di Jakarta adalah mengenai lokasinya. Lakukan survey langsung ke lokasi sebelum membeli unit apartemen. Ini agar kita bisa mengetahui secara langsung lokasi di mana apartemen tersebut berada dan juga lingkungan sekitarnya. Poin plus dari apartemen adalah apabila dekat dengan tempat kerja kita sehari-hari di Jakarta. Lokasi yang strategis juga merupakan hal yang penting. Setiap penghuni apartemen akan emmbutuhkan akses jalan umum yang cepat serta mudah agar aktivitas sehari-hari bisa berjalan lancar. Saat membeli apartemen, pastikan juga lokasinya berdekatan dengan pusat perbelanjaan, akses jalan raya, rumah sakit serta usahakan tidak terlalu jauh dari kantor. Namun, lokasi yang strategis seperti ini tentunya akan membutuhkan biaya lebih.

Tips kedua dalam membeli apartemen di Jakarta adalah pertimbangkan developer atau pengembangnya. Pelajari track record dari developer yang membangun dan mengembangkan apartemen yang hendak kita beli. Kita bisa melihat dari bagaimana mereka menangani proyek pembangunan apartemen hingga pemasarannya. Semua hal yang berkaitan dengan apartemen akan sangat berkaitan dengan developer ini. Tidak sedikit ada kasus apartemen terlantar atau belum selesai karena adanya masalah dari pihak developer. Penting untuk mencari tahu bagaimana kredibilitas dari developer ini. Kita bisa mencarinya secara online, bertanya pada orang lain yang pernah membeli unit apartemen dari developer tersebut hingga bertemu langsung dengan pihak developer. Mencari developer yang terpercaya ini sekaligus menjadi bagian dari survey lapangan sebelum membeli unit apartemen.

Unit apartemen di Jakarta yang hendak dibeli juga harus dicek perihal legalitas serta kelengkapan dokumen yang menyertainya. Kelengkapan dokumen yang harus diperiksa di antaranya adalah dokumen status tanah. Pastikan tanah yang menjadi lokasi dibangunnya apartemen bukan merupakan tanah sengketa ataupun tanah sewaan. Ini akan menyulitkan kita ke depannya dan bukan tidak mungkin akan menimbulkan masalah. Kita bisa meminta bantuan pada notaris guna memeriksa kelengkapan dokumen dari apartemen tersebut. Pastikan juga kita mendapat sertifikat kepemilikan apartemen setelah pembelian unit. Biasanya, pemilik apartemen nantinya akan mendapat sertifikat Hak Satuan Rumah Susun sebagai tanda kepemilikan atas unit apartemen yang telah dibeli. Kelengkapan serta legalitas dokumen ini juga merupakan salah satu tanda dari developer yang terpercaya. Apartemen yang memiliki dokumen legal dan lengkap sudah pasti berasal dari developer terpercaya.

Berikutnya, gali sebanyak mungkin informasi mengenai apartemen di Jakarta yang akan kita beli. Tanyakan pada pihak developer terkait harga per unit, fasilitas yang didapat, keuntungan apa saja yang diperoleh apabila tinggal di unit tersebut, dan lain sebagainya. Apabila kita lebih memilih apartemen dengan harga yang murah, maka pilihlah apartemen yang masih dalam tahap pembangunan oleh developer. Biasanya apartemen seperti ini akan memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga pasarannya saat sudah jadi nanti. Namun, dengan harga yang murah ini kita harus menunggu lebih lama sampai apartemen siap untuk dihuni. Sementara apabila kita menginginkan apartemen yang siap huni, belilah unit yang sudah jadi. Tentu saja, harganya akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan apartemen yang belum jadi.

Terakhir, sesuaikan apartemen di Jakarta yang hendak dibeli dengan kebutuhan masing-masing. Sesuaikan apartemen dengan kebutuhan, bukan dengan keinginan. Apartemen biasanya akan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu apartemen tanpa furniture, apartemen dengan sebagian furniture serta apartemen penuh furniture atau fully furnished. Apartemen juga dapat dibedakan berdasarkan ukurannya. Ada apartemen ukuran studio, satu kamar hingga luxury yang memiliki lebih dari tiga kamar tidur. Sesuaikan jenis apartemen yang dibeli dengan kebutuhan masing-masing. Terutama adalah berapa orang yang akan tinggal di dalamnya dan apakah ada anak-anak ataupun lansia. Apartemen memang termasuk hunian yang sangat dibutuhkan terutama oleh masyarakat yang bertempat tinggal di daerah perkotaan. Tips dalam membeli apartemen di atas akan dapat diterapkan agar kita memperoleh unit apartemen dengan harga terbaik dan fasilitas yang sepadan di ibukota Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *