Monday, August 19, 2019
Home > Uncategorized > Upaya Elite Politik Dalam Meraih Kekuasaan

Upaya Elite Politik Dalam Meraih Kekuasaan

Elite dari kata lain eligere, memilih, mengacu pada suatu golongan/lapisan yang paling berpengaruh atau paling mempunyai nama baik dalam masyarakat. Status pilihan ini biasanya diperoleh atas dasar watak yang ditampilkannya atau aspresiasi kerjanya di masa lampau. Elite juga bisa diartikan sebagai lapisan tertinggi dalam kemampuan di bidang tertentu. Elite juga bisa artikan sekelompok kecil orang-orang berkuasa, misalnya oligarki, yang menguasai kekayaan atau kekuasaan politik dalam masyarakat. Kelompok ini memiliki posisi yang lebih tinggi daripada rakyat jelata dan hak yang lebih besar dari pada kelas masyarakat di bawahnya. Para anggota elite umumnya mempunyai pengaruh penting dalam membentuk nilai dan sikap yang dianut masyarakat dalam bidang masing-masing termasuk berita politik Indonesia.

Akhir-akhir ini kita sedang menyaksikan tontonan yang memperlihatkan dengan gamblang betapa etika, sprotivitas, loyalitas, dan harga diri di masyarakat kita sudah berada di titik nadir. Mereka para elite yang seharusnya mampu mengelola perbedaan sehingga menjadi sinergi untuk sama-sama membangun bangsa malah tanpa malu-malu melakukan hal apa pun demi meraih kekuasaan.

Pengelola siaran televisi pasti menyimpan rekaman para tokoh masyarakat kita, yaitu saat mempertontonkan retorikanya dalam menyampaikan prinsip dan sikap mereka dalam upaya meraih simpati dan kepercayaan rakyat saat musim kampanye pemilu.

Hanya sesaat setelah pemilu berlangsung, di televisi yang sama kita melihat prinsip dan sikap yang disampaikan dengan gegap gempita sebelumnya telah berubah total. Konstelasi politik menjadi tontonan akrobat yang membuat miris rakyat. Kalau hanya dalam beberapa hari mereka bisa berubah total, bagaimana bisa meyakinkan konsistensi mereka dalam memenuhi janji-janji saat berkuasa salama lima tahun nanti. Hal ini sudah menjadi berita politik nasional yang lumrah.

Pada era di mana reality show menjadi salah satu komoditas utama pertelevisian kita, rekaman-rekaman before and after bisa disajikan kembali dan akan menjadi tontonan “menarik”. Reality show politik ini mungkin tak mengharu biru penontonnya seperti suguhan reality show lainnya, tetapi menjadi ajang pembelajaran serta cermin besar bangsa ini yang sudah demikian memprihatinkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *